07 April 2009

Teori Organisasi

TEORI ORGANISASI


Tim riset antrpolog mendeskripsikan organisasi formal sebagai suatu unit sosial yang sengaja dibentuk dan didirikan untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi adalah suatu jaringan dari hubungan-hubungan yang saling bergantung satu sama lain.
Berbicara mengenai organisasi maka kita akan lebih terfokus pada struktur dasar yang mengadakan dan memandu suatu hubungan; pada orang-orang yang melakukan hubungan; atau pada bagaimana berbagai macam hubungan tersebut memberikan kontribusi pada organisasi secara menyeluruh.
Ada tiga cara untuk mengetahui hubungan dalam organisasi yang menggambarkan inti tiga pembelajaran utama dari pemikiran dan teori organisasi:

1. Teori Klasik Organisasi

Mempertanyakan mengenai sistem pembagian kerja, sistem pembagian tenaga kerja, tingkat kekuasaan dan pengawasan yang ada, banyaknya orang yang ada disetiap tingkatan dan tugas khusus dari masing-masing orang.

2. Pemikiran dari Hubungan-Hubungan Manusia

Mempelajari kelompok-kelompok kerja dan mempertanyakan mengenai tugas yang diterima oleh setiap orang dalam organisasi, hasil dari adanya status hubungan dari berbagai macam tugas tersebut, nilai moral dan perilaku dari setiap orang, kebutuhan sosial dan psikologis yang diperlukan oleh orang-orang dan informal group dalam organisasi.

3. Memberi Perhatian pada Sistem Sosial dan Menitikberatkan pada Hubungan-Hubungan yang merupakan bagian dari organisasi

Mempertanyakan mengenai pedoman dari organisasi tersebut, bagaimana mereka saling bergantung satu sama lain, apakah proses dalam organisasi tersebut memfasilitasi hubungan yang saling bergantung, tujuan utama dari organisasi dan hubungan antara organisasi dengan lingkungan.

Teori Klasik
Teori klasik dari organisasi memberi perhatian hampir pada pembentukan dan struktur organisasi, tidak dengan orangnya. Alat kepemimpinan utamanya adalah susunan organisasi. Pada saat Perang Dunia 1, teori klasik meliputi pergerakan ilmiah manajemen dimana manusia di deskripsikan sebagai makhluk rasional dan alasan ekonomi merupakan motivasi terbaik untuk bekerja seperti adanya sistem piecework, sistem bonus, dll. Para pemimpin ilmiah percaya bahwa pekerja akan bekerja secara efisien jika termotivasi oleh uang.
Dua tokoh ilmiah dalam teori klasik yang terkemuka adalah Henri Fayol dan Max Weber. Tokoh lainnya adalah James Mooney, Alan Reiley, Luther Gulick, Lyndall Urwick dan Chester Barnard.

Prinsip Manajemen (Henri Fayol):
1. Division of work (adanya spesialisasi, sistem pembagian kerja)
2. Authority and responsibility (adanya power yaitu kekuasaan dan tanggung jawab)
3. Discipline (adanya ketaatan)
4. Unity of command (adanya kesatuan perintah)
5. Unity of direction (adanya kesatuan rencana)
6. Subordination of individual interest to general interest (lebih mengutamakan organisasi)
7. Remuneration of personnel (pemberian upah yang layak)
8. Centralization (adanya pemusatan hubungan)
9. Scalar chain (adanya rantai perintah)
10. Order (Setiap orang memiliki posisi istimewa/unik)
11. Equity (adanya ketegasan tapi adil)
12. Stability of tenure of personnel (tidah mudah terjadi pergantian personel)
13. Initiative (inisiatif, punya pemikirann yang baru)
14. Esprit de corps (punya nilai moral yang tinggi)
Melihat pemikiran Fayol mengenai teori klasik, Max Weber membedakan antara kekuasaan yang melekat (kekuasaan tradisional yang tidak sah dan dapat dilanggar) dan kekuasaan yang sah (pendapatan, penghormatan, didirikan dengan norma, rasional dan menurut undang-ungang).
Kekuasaan yang sah merupakan dasar dari birokrasi. Birokrasi adalah suatu organisasi yang mempunyai karakteristik:

1. Ketaatan yang berkesinambungan terhadap peraturan-peraturan yang ada

2. Area kompetensi dimana pekerja saling membagi pekerjaan dan bekerja untuk tujuan tertentu dibawah pimpinan

3. Prinsip skalar/hirarki

4. Peraturan antara norma atau prinsip teknik

5. Pemisahan antara staff administrasi dan pemilik perlengkapan produksi

6. Pemisahan antara kepemilikan pribadi dan peralatan organisasi

7. Sumber yang bebas dari kontrol luar

8. Adanya suatu struktur dimana tidak ada administator yang dapat memonopoli posisi anggotanya

9. Semua tindakan administrasi, peraturan, kebijaksanaan, dan lainnya dicantumkan secara tertulis

Keith Davis mengatakan bahwa anggota-anggota birokrasi mempunyai kemungkinan untuk menjaga keamanan kerja selama mereka mematuhi peraturan yang ada. Ia menyimpulkan bahwa empat kunci unsur birokrasi adalah spesialisasi, adanya kewenangan secara hirarki, penggabungan antara peraturan dengan kontrol dan tidak berhubungan dengan kepentingan orang tertentu. Salah satu contoh birokrasi adalah pemerintahan federal.
Menurut Scott, organisasi formal adalah suatu sistem yang mengkoordinasikan kegiatan kelompok orang yang bekerja secara kooperatif untuk mencapai tujuan bersama dibawah kekuasaan dan kepemimpinan. Empat komponen teori klasik (Scott) adalah pembagian tenaga kerja, proses skalar dan fungsional, struktur dan waktu pengawasan.

Pembagian Tenaga Kerja (Division of Labor)
Adanya pembagian kerja untuk sumber daya manusia. Pembagian tersebut dapat didasarkan pada banyaknya jenis pekerjaan atau pada banyaknya tanggung jawab dan kekuasaan tiap orang.

Proses Skalar dan Fungsional
Mengenai pertumbuhan secara vertikal dan horizontal dan suatu struktur organisasi. Skalar mengacu pada tingkatan suatu hirarki (kesatuan perintah) dalam organisasi. Fungsional mengacu pada tugas khusus setiap pekerja dalam organisasi. Proses skalar dalam universitas mengacu pada kekuasaan pimpinan, wakil pimpinan, dekan, pemimpin departemen, anggota fakultas, staff administrasi dan mahasiswa. Proses fungsional mengacu pada tugas/tanggung jawab yang diberikan pada fakultas, tata usaha, bagian pemeliharaan dan anggota administrasi.

Struktur
Mengacu pada jaringan suatu hubungan dan tugas-tugas dalam organisasi. Struktur memungkinkan suatu organisasi menemukan tujuannya secara efektif dan dengan cara yang tepat. Teori klasik biasanya membedakan dua hal dalam struktur, yaitu line dan staff. Line meliputi rantai perintah dan fungsi utama organisasi formal yang digambarkan dalam susunan organisasi. Fungsi utama universitas adalah untuk mendidik mahasiswa, melakukan penelitian dan melayani kebutuhan masyarakat. Fungsi line supermarket adalah untuk membeli dan menjual makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar