07 April 2009

Analisa Kasus Berdasarkan Perspektif Emile Durkhein dan Max Weber

Pandangan Emile Durkhein

Kasus: Seorang ibu yang bunuh diri bersama anaknya dengan cara melompat dari gedung apartemen.
Penyebab kasus ini adalah karena ibu tersebut sudah putus asa dalam menanggung beban hidup. Ibu tersebut adalah seorang janda dan hidup dengan seorang anaknya. Masalah ekonomi menjadi masalah yang paling utama. Karena terlilit banyak hutang, maka ibu seorang anak tersebut merasa putus asa dan akhirnya ia memilih cara untuk bunuh diri dengan mengajak serta anaknya. Dari atas gedung apartemen, ibu tersebut meminta anaknya untuk melompat terlebih dahulu. Setelah anak tersebut melompat kebawah, barulah ibu tersebut ikut melompat kebawah.
Dampak dari kasus ini adalah sang anak yang tidak bersalah dan seharusnya masih mempunyai jalan hidup yang panjang harus ikut mengakhiri hidup bersama ibunya padahal tiap anak punya hak untuk melanjutkan hidup. Kasus seperti ini juga dapat membuat seorang anak tidak lagi merasakan kenyamanan di tengah keluarga.
Solusi dari kasus seperti ini adalah diperlukannya penyuluhan psikologi bagi orang-orang yang bermasalah dan adanya peningkatan perlindungan terhadap hak asasi anak. Masalah seperti ini juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

Pandangan Max Weber

Kasus: Perselingkuhan yang dilakukan oleh Maria Eva (ME) dengan Yahya Zaini (YZ).
Penyebab kasus ini adalah karena ME yang mempunyai hubungan dekat dengan YZ dan mereka melakukan skandal yang sangat memalukan. ME awalnya adalah penyanyi dangdut biasa yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat. Saat ME mempunyai kedekatan khusus dengan YZ, ME tentunya sudah mengetahui bahwa YZ adalah orang yang cukup berpengaruh dalam pemerintahan. Dengan adanya skandal yang dilakukan oleh ME dan YZ, maka ME dapat memperoleh sorotan/perhatian dari media dan masyarakat umum sehingga masyarakat yang tadinya tidak terlalu mengenal atau bahkan sama sekali tidak mengenal ME, kini melalui skandal yang dilakukannya maka masyarakat menjadi mengenal ME yang notabene adalah penyanyi dangdut.
Dampak dari kasus ini adalah kini masyarakat menjadi tahu bagaimana kualitas dan mentalitas dari para anggota pemerintahan yang ternyata sangat menyimpang dari norma yang ada. Sedangkan ME kini justru semakin dikenal masyarakat dan mendapatkan banyak tawaran manggung. Selain itu, hal ini juga tentunya merusak keharmonisan keluarga YZ dan menimbulkan dampak psikologis yang tidak baik bagi anak-anaknya.
Solusi dari kasus seperti ini adalah sebaiknya pemerintah dan para pemimpin lebih berhati-hati dalam bersikap karena apabila mereka memberikan image yang buruk dimata masyarakat, maka mereka akan semakin kehilangan kepercayaan dari masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar